Selasa, 14 Desember 2010

- Kokohnya Tembok Azulgrana

Jakarta - Tak hanya dalam hal produktivitas, Barcelona juga memiliki pertahanan nan kokoh. Sejak kali terakhir kebobolan November silam, Barca menjebol gawang lawan 28 kali tanpa pernah kemasukan.

Gawang Barcelona terakhir kali bergetar adalah ketika menghadapi Villarreal, 13 November 2010. Saat itu laga berakhir 3-1 untuk kemenangan The Catalans. Adapun pencetak gol ke gawang Barca adalah Nilmar.

Sejak itu gawang Barcelona sukses menjaga clean sheet di partai resmi yang mereka jalani. Dikutip dari situs resmi klub, Barca telah membukukan 28 gol, 18 di antaranya di La Liga, di periode yang sama.

Total sudah 604 menit Barca tidak kebobolan sejauh ini. Angka tersebut memecahkan rekor musim sebelumnya yakni sepanjang 570 menit. Angka 604 menit itu dibagi antara Victor Valdes dan juga Jose Pinto.

Valdes sendiri merupakan kiper dengan angka kebobolan paling sedikit di Liga Spanyol. Dalam 15 pertandingan ia kebobolan delapan kali atau rata-rata 0,53 gol per partai.

Terjaganya clean sheet bukan semata karena jasa Valdes atau pun Pinto semata. Barisan belakang yang digalang Carles Puyol dan Gerard Pique juga memiliki kontribusi besar. Dalam enam partai terakhir, hanya ada sembilan kali tembakan yang mengarah gawang. Hal ini menunjukkan barisan pertahanan Barca yang juga solid.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar