Jumat, 26 November 2010

- Jelang El Clasico
Messi vs Mourinho, Tujuh Tahun Kemudian

Jakarta - Suka atau tidak, Jose Mourinho punya arti tersendiri dalam perjalanan karir Lionel Messi. Soalnya debut Messi bersama Barcelona terjadi dalam laga kontra FC Porto, yang saat itu dibesut The Special One.

Messi tercatat sudah direkrut Barcelona dan dimasukkan dalam akademi sepakbola mereka sejak tahun 2000. Namun baru di tahun 2003 pesepakbola asal Argentina itu masuk dalam skuad utama The Catalans.

Laga yang menjadi tonggak sejarah Messi tentunya adalah debut dia bersama tim senior Barcelona. Pertandingan tersebut berlangsung pada 16 November 2003 dalam laga persahabatan kontra FC Porto, yang saat itu masih dibesut Jose Mourinho.

Ketika itu usia Messi masih sangat belia, baru 16 tahun dan 145 hari. Dia dimasukkan ke dalam lapangan oleh Frank Rijkaard (pelatih Barca saat itu) untuk menggantikan Fernando Navarro di babak kedua.

Barcelona yang banyak menurunkan pemain muda dalam laga tersebut akhirnya harus mengakui keunggulan Porto, yang di musim tersebut menjuarai Liga Champions. Skor akhir laga yang dilangsungkan di Estadio do Dragao itu adalah 2-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Kegagalan Messi mencetak gol ke klub yang dibesut Mourinho ternyata bertahan hingga kini, dengan total tujuh laga telah dilalui. Entah apakah pesepakbola terbaik dunia itu akan mampu mematahkan "kutukan" tersebut saat Barcelona menjamu Real Madrid dalam laga bertajuk El Clasico, Senin (29/11/2010) mendatang. Tepat tujuh tahun dan sembilan hari sejak pertemuan pertama Messi dengan Mourinho.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar