Kamis, 18 November 2010

- Liga Spanyol Pekan Ini
'Pemanasan' Sebelum El Clasico

Jakarta - Pada 29 November mendatang Barcelona dan Real Madrid akan beradu sengit dalam duel El Clasico. Namun akhir pekan ini baik Los Cules maupun Los Blancos akan melakukan "pemanasan" dulu sebelum laga di Nou Camp itu.

Dua raksasa La Liga itu kini menempati dua posisi teratas selepas 11 laga yang telah berlalu. Di mana Madrid menguasai klasemen dengan 29 poin sementara Barca menguntit di bawahnya dengan selisih satu poin.

Dengan begini berarti persaingan antara keduanya sudah "dimulai", setelah pada beberapa pekan awal La Liga Valencia dan Villarreal sempat menyelip di atas. Pekan depan keduanya akan bertemu dalam El Clasico Jilid I di mana Barca duluan jadi tuan rumah.

Namun demikian sebelum itu, Madrid dan Barca sama-sama harus melakoni laga di pekan ke-12 yang boleh dibilang gampang-gampang susah. Barca akan bertandang ke Juegos Mediterraneos, kandang Almeria, yang kini berada di peringkat ke-18.

Sementara Madrid akan jadi menjamu Athletic Bilbao di Santiago Bernabeu. Kedua tim memainkan laganya di Minggu (21/11/2010) dinihari WIB.

Meski calon lawan kini ada menghuni zona degradasi dan belum pernah di kandang musim ini, tapi Barca harus ingat kalau musim lalu mereka harus susah payah meraih poin dari Almeria. Gol Lionel Messi menyelamatkan Barca dari kekalahan dan membuat skor jadi 2-2.

Jika tak waspada, Barca bisa saja kehilangan angka lagi sebab para pemain Barca banyak yang dipanggil oleh timnasnya untuk melakoni laga persahabatan tengah pekan ini. Bukan tak mungkin Almeria bisa jadi pengganjal bagi Barca.

Selebihnya jika Barca bisa tetap fokus dan menjaga kondisi fisik para jugador-nya, tiga poin dipastikan akan dibawa pulang.

Sementara Madrid sepertinya tak akan kesulitan mengatasi Bilbao di kandangnya. Berkaca dari hasil musim yang dimenangi Los Merengues dengan skor 5-1, bukan tak mungkin kemenangan telak akan diraih pasukan Jose Mourinho itu, melihat tingkat produktifitas mereka musim ini yang sudah mencetak 28 gol.

Tapi lini belakang Madrid harus hati-hati pada sosok Fernando Llorente yang dipunya Bilbao. Sebab striker jangkung itu kerap jadi momok bagi pertahanan lawan lewat sundulannya, terutama bagi Madrid yang lini pertahanannya terlihat masih rentan akan bola-bola crossing.

Satu hal lagi yang harus dicermati Barca dan Madrid adalah konsentrasi mereka juga akan terpecah ke Liga Champions midweek depan. Terutama bagi Barca yang belum memastikan tempatnya di babak 16 besar sementara Madrid sudah melakukannya di Matchday 4.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar