Senin, 06 September 2010

- Barca Tandingi Madrid dengan Pemain Muda

Barcelona - Dibanding Real Madrid, dan bahkan banyak klub La Liga Lainnya, skuad Barcelona musim ini sangat ramping. Kondisi yang sama sekali tak dikhawatirkan Xavi Hernandez yang percaya rekan-rekan mudanya akan bisa diandalkan.

Tercatat cuma 18 pemain senior yang terdaftar di skuad utama Barcelona musim ini. Jumlah yang tentunya sangatlah minim mengingat banyaknya kompetisi yang harus dilalui The Catalans di sepanjang musim 2010/2011 ini.

Real Madrid, yang menjadi pesaing terbesar Barca, unggul cukup jauh dalam hal kedalaman skuad. Los Merengues mendatangkan banyak pemain baru di musim panas lalu yang membuat mereka sepertinya siap untuk menurunkan tim yang berbeda untuk kompetisi yang berbeda pula.

Buat Xavi, kondisi tersebut bukan alasan timnya tak berprestasi di musim ini. Pemain-pemain muda lulusan La Masia diyakininya akan punya kontribusi besar mengangkat nama Barca di musim yang baru mulai ini.

"Skuad kami kecil tapi sangat kompetitif dan semua orang siap dimainkan. Beberapa tim punya 25 atau 26 pemain tapi empat atau lima di antaranya sama sekali tak dipertimbangkan oleh pelatih. Kami juga punya akademi yang akan melalui periode yang luar biasa, di mana pemain dengan kualitas luar biasa yang bisa masuk skuad utama setiap saat," sahut Xavi seperti diberitakan Soccernet.

"Kami punya skuad yang bagus. Skuad ini juga kompetitif dan saya pikir ada lebih banyak keuntungan dibanding kerugian memiliki skuad yang kecil," lanjut pesepakbola yang dijagokan meraih Ballon d'Or itu.

Terkait persaingan dengan Madrid menjadi juara La Liga, Xavi juga percaya kalau timnya masih lebih diunggulkan. Posisi favorit tersebut sama sekali tak menjadi beban buat Barca karena justru dianggap sebagai tantangan.

"Barcelona adalah favorit untuk meraih gelar (La Liga) karena kami adalah juara bertahan. Madrid sudah menghabiskan banyak uang dalam beberapa tahun dan sangat ingin meraih kembali titel, tapi saya merasa nyaman dengan status favorit. Itu tantangan buat kami," pungkas Xavi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar