Jumat, 03 September 2010

- Pemain Asing Makin Minim di Barca

Jakarta - Untuk kali pertama dalam 15 tahun terakhir, pemain asing di Barcelona mencapai titik terendah. Dari 19 anggota skuad Barca, 11 di antaranya memegang paspor Spanyol dan mayoritas adalah lulusan La Masia.

Dari total 19 anggota skuad utama Barcelona saat ini, cuma delapan orang yang bukan pemegang paspor Spanyol. Mereka adalah Dani Alves, Adriano Correia, Maxwell Scherrer, Gabi Milito, Lionel Messi, Javier Mascherano, Eric Abidal dan Seydou Keita.

Hebatnya, akademi sepakbola Barcelona berhasil menyumbang sembilan nama untuk dimasukkan ke dalam skuad utama The Catalans. Mereka yang jebolan La Masia adalah Messi, Víctor Valdes, Bojan Krkic, Gerard Pique, Carles Puyol, Xavi Hernández, Andres Iniesta, Sergio Busquets dan Jeffren Suarez.

David Villa dan Jose Manuel Pinto menjadi satu-satunya pemain berdarah Spanyol yang bukan lulusan sekolah sepakbola klub tersebut.

Hingga musim lalu Barca sesungguhnya punya beberapa pemain asing lainnya, yang kemudian dilego musim panas ini seperti Zlatan Ibrahimovic, Thierry Henry, Yaya Toure, Rafael Marquez dan Dmtro Chygrynskyi.

Jumlah delapan pemain asing di skuad utama Barca menjadi yang paling minim yang pernah mereka miliki sejak musim 1995/96 silam. Di tahun tersebut The Catalans, yang dibesut Johan Cruyff, tercatat cuma punya lima pemain asing dari total 23 anggota skuad yang terdaftar.

Mereka adalah George Popescu, Robert Prosinecki, Gica Hagi, Meho Kodro dan Luis Figo. Itulah musim di mana Barcelona tercatat punya pemain asing paling sedikit. Demikian dikutip dari Elmundodeportivo.

Sejak aturan Bosman diperkenalkan di Eropa, jumlah pemain asing yang dimiliki Barcelona terus bertambah. Musim 1998/99 dan 2007/08 menjadi periode di mana Barca punya legiun asing terbanyak yakni berjumlah 15 orang.

Di musim 1998/99, bersama pelatih Louis van Gaal, Barca menjelma menjadi 'Belanda mini' dengan di antaranya mengontrak Winston Bogarde, Michael Reiziger, Frank dan Ronald de Boer, Patrick Kluivert, Philip Cocu plus Boudewijn Zenden. Anggota skuad lainnya terdiri dari Giovanni Silva, Sonny Anderson, Rivaldo, Ciric, Figo, Samuel Okunowo dan Mauricio Pellegrino.

Sementara saat bersama Frank Rijkaard di musim 2007/2008 Barcelona memiliki Milito, Rafael Marquez, Eidur Gudjohnsen, Ronaldinho, Gianluca Zambrotta, Thierry Henry, Edmilson, Sylvinho, Giovani dos Santos, Messi, Deco, Lilian Thuram, Eric Abidal, Yaya Toure dan Samuel Eto'o.

Skuad Barcelona (2010/2011)
Víctor Valdes (Spanyol/La Masia)
Daniel Alves (Brasil)
Gerard Piqué (Spanyol/La Masia)
Carles Puyol (Spanyol/La Masia)
Xavi Hernández (Spanyol/La Masia)
David Villa (Spanyol)
Andres Iniesta (Spanyol/La Masia)
Bojan Krkic (Spanyol/La Masia)
Lionel Messi (Argentina/La Masia)
Jeffrén Suárez (Spanyol/La Masia)
José Manuel Pinto (Spanyol)
Javier Mascherano (Argentina)
Seydou Keita (Mali)
Sergio Busquets (Spanyol/La Masia)
Pedro Rodríguez (Spanyol/La Masia)
Gabriel Milito (Argentina)
Maxwell (Brasil)
Adriano (Brasil)
Eric Abidal (Prancis)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar