Kamis, 16 September 2010

- Penyerang Madrid Belum Tajam, Gelandang Oke

Madrid - Sudah tiga pertandingan dilakoni Real Madrid di musim ini dan mereka baru mencetak tiga gol -- tapi hanya satu dari penyerang. Yang lebih memuaskan Jose Mourinho adalah dua gelandangnya.

Madrid di era Mourinho sudah beraksi tiga kali di awal musim ini: dua di La Liga, satu di Liga Champions. Setelah ditahan Mallorca 0-0, mereka menang 1-0 atas Osasuna dan 2-0 atas Ajax Amsterdam.

Dua dari tiga gol yang dihasilkan dicetak Gonzalo Higuain dan bek Ricardo Carvalho. Satunya lagi tercipta dari bunuh diri pemain lawan, yakni Vurnon Anita (Ajax).

Penyelesaian akhir peluang Madrid menjadi sorotan tersendiri terutama ketika mereka menjamu Ajax tadi malam, di Santiago Bernabeu. Lebih dari 30 kali membuat tembakan, hanya dua yang berbuah gol.

Cristiano Ronaldo, Angel di Maria, Higuain dan Mesut Oezil adalah pemain-pemain yang paling rajin melepaskan tendangan ke arah gawang Ajax di laga tersebut. Tapi karena gol yang didapat tidak banyak, Ronaldo khususnya sempat mendapat ejekan di akhir laga.

"Solusi terbaik bagi dia (Ronaldo) adalah mencetak dua atau tiga gol ketika ia bermain buruk. Gol akan datang. Aku tak khawatir," komentar Mourinho tentang pemain termahal dunia itu, seperti tertuang di situs resmi Madrid.

Pelatih asal Portugal itu ditanyakan alasan tidak memainkan Karim Benzema di partai melawan Ajax. Mourinho masih menantikan yang terbaik dari striker internasional Prancis itu.

"Karim Benzema pintar, dan saya berharap dia tahu apa yang harus dilakukannya supaya lebih sering main. Gampang. Kita bisa melihat pertandingan dengan sangat baik dari bangku cadangan... Cara bek-bek lawan bergerak, perubahan dalam posisi, keagresifan.... Titik yang sempurna. Cepat atau lambat dia akan mengerti."

Secara umum Mourinho belum terlalu pusing dengan belum keluarnya ketajaman penyerang-penyerangnya. "Perbaikan? Hal paling benar adalah tidak melakukan apapun. Biarkan mereka bermain dan itu adalah naluri alamiah mereka," ujar dia.

Yang sudah mendapat kredit dari pelatih juara Eropa dua kali itu adalah sepasang gelandang Jerman yang direkrutnya di musim panas ini: Mesut Oezil dan Sami Khedira.

"Real Madrid sangat cerdas menggaet Oezil dan Khedira. Kami memang berharap bisa mendapatkan pemain-pemain seperti ini karena memang bagus buat tim. Untuk Oezil, tidaklah mudah membuat Bernabeu mengidolakan dia. Dan aku berharap dia mempertahankan tempat dia di lapangan untuk waktu yang lama."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar