Jumat, 17 September 2010

- Jelang Liga Spanyol
Tantangan Atletico, Ujian Barcelona

Jakarta - Perhatian besar Liga Spanyol pekan ini mengarah pada Atletico Madrid kontra Barcelona ketiga. Bagi Atletico laga ini merupakan tantangan tersendiri, buat Barcelona ini adalah sebuah ujian.

Los Colchoneros akan bertindak sebagai tuan rumah di Vicente Calderon hari Minggu (19/9/2010). Ini akan menjadi partai kandang kedua Atletico di La Liga, setelah menang telak 4-0 atas Sporting Gijon di pekan pertama.

Diego Forlan dkk saat ini memimpin klasemen sementara berkat nilai sempurna dari dua pertandingan. Minggu lalu mereka berhasil memetik kemenangan 2-1 di kandang Athletic Bilbao.

Ditambah bahwa mereka juga memenangi Piala Super Eropa tahun ini, dengan menundukkan Inter Milan 2-0, Atletico disimpulkan sedang di awal yang sangat baik.

Sedikit pengeculian adalah kekalahan mereka di laga pertamanya sebagai juara bertahan Liga Europa tadi malam, saat menyerah 0-1 dari tuan rumah Aris Saloniki dari Yunani.

Untuk menegaskan performa menjanjikan skuad Quique Sanchez Flores, Barca adalah tantangan yang sangat tepat. Pada pertemuan terakhir kedua tim di Vicente Calderon, di paruh kedua musim lalu, Atletico berhasil menang 4-2. Mereka membalas kekalahan 2-5 di pertemuan sebelumnya di Nou Camp.

Sementara bagi El Barca, perjumpaan melawan Atletico adalah sebuah ujian mental tersendiri, apakah sang juara bertahan mampu bangkit dari kekalahan di pekan kedua dari tim promosi, Hercules.

Sebagian kalangan menilai, Los Cules semakin mudah dihadapi lawan-lawannya, karena gaya permainan mereka tetap sama dari dua musim lalu. "Buktinya", setelah meraih enam gelar juara di tahun 2009, mereka hanya kebagian titel La Liga di musim lalu.

Sevilla bisa menekuk mereka di partai pertama Piala Super Spanyol di awal musim -- meski kalah lebih besar di leg kedua. Hercules pun, yang baru promosi dari Segunda Division, berhasil menaklukkan pasukan Pep Guardiola di Nou Camp.

Meski begitu Barca tetaplah Barca. Panathinaikos merasakan betul kekuatan Lionel Messi dkk. Mereka digebuk 1-5 di ajang Liga Champions dua hari lalu. Dan itu sebuah modal yang baik untuk memulihkan moral mereka setelah dikalahkan Hercules, sebelum menjajal Atletico.

Barca selalu kalah di Calderon dalam tiga tahun terakhir, termasuk di musim perdana Guardiola menukangi Blaugrana (2008/09), yang juga merupakan musim pertama gelandang Sergio Busquet di tim pertama Barca.

"Cuma mereka yang selalu mengalahkan kami di kandangnya sendiri, dan itu selalu membuat Anda merasa kesal," ungkap Busquets, dikutip dari situs resmi timnya. "Kami akan ke sana untuk menang."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar