Senin, 23 Agustus 2010

- Barca Dekati Jumlah Trofi Madrid

Jakarta - Barcelona masih tertinggal jauh atas Real Madrid dalam hal jumlah gelar Liga Spanyol dan Liga Champions. Namun secara keseluruhan, The Catalans kini cuma tertinggal dua piala saja atas Los Merengues.

Penguasaan Madrid atas kompetisi La Liga Primera saat ini masih sangat sulit dikalahkan. 'Si Putih' asal ibukota Spanyol itu tercatat sudah 31 kali jadi kampiun, bandingan dengan Barca yang baru 20 kali mengukuhkan diri menjadi juara.

Kondisi serupa juga terjadi di Liga Champions. Madrid bahkan menjadi klub paling sukses di Eropa dengan sembilan gelar juara yang sudah pernah dimenangi, padahal di sisi lain The Catalans baru tiga kali bertahta di Benua Biru.

Meski selisih di kedua kejuaraan tersebut sangatlah jauh, namun secara keseluruhan jumlah gelar yang sudah dikumpulkan kedua tim musuh bebuyutan tersebut ternyata hanya terpaut sedikit. Faktanya, di musim 2010/2011 ini Barca bahkan bisa melebihi Madrid karena keduanya kini cuma terpaut dua piala saja.

Seperti dikutip dari Marca, jumlah titel juara di turnamen bergengsi yang sudah dimenangi Madrid saat ini berjumlah 72. Rinciannya adalah: 31 Liga Spanyol, 17 Copa Spanyol, 9 Liga Champions, 8 Super Copa Spanyol, 3 Piala Interkontinental, 2 Piala Super Eropa dan satu Piala La Liga (sudah tak digelar lagi).

Sementara total gelar juara Barcelona yang dikumpulkan dari turnamen papan atas yang berhasil dimenangi adalah 70. Jumlah tersebut datang dari: 20 Liga Spanyol, 25 Copa Spanyol, 9 Super Copa Spanyol, 4 Piala Winners, 3 Liga Champions, 3 Fair Cup (cikal bakal Piala UEFA dan kini bernama Liga Europa), 3 Piala Super Eropa, 2 Piala La Liga (sudah tak digelar lagi) dan satu juara Piala Interkontinental.

Dengan kondisi seperti itu, bukan tak mungkin jika di akhir musim nanti Barcelona akhirnya akan bisa menyusul Madrid dalam hal gelar juara bergengsi yang sudah dimenangi. Situasi yang pastinya tidak akan dibiarkan terjadi oleh Jose Mourinho, yang sepanjang karir kepelatihannya selalu bisa memberi dua gelar di musim pertama klub yang dia latih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar