Kamis, 12 Agustus 2010

- Liga Spanyol 2010/2011
Masih Milik Barca & Madrid

Jakarta - Barcelona dan Real Madrid adalah dua seteru berat yang acap mendominasi La Liga Primera. Hal serupa diprediksi belum berubah musim ini kendati Barca dan Madrid mungkin akan sedikit tersandung-sandung akibat dampak Piala Dunia 2010.

Nyaris tak mungkin tidak menyebut Barca dan Madrid ketika bicara mengenai kompetisi La Liga Primera. Bagaimana tidak, kekuatan kedua tim yang juga rival abadi tersebut bisa dibilang masih jauh lebih unggul ketimbang tim-tim lainnya.

Maka dari itu wajar saja jika El Real dan El Barca pun jauh mendominasi raihan gelar La Liga Primera. Jika Madrid punya 31 gelar, terbanyak di kompetisi itu, Barca mengekor dengan 20 gelar. Tak ada tim lain yang punya gelar liga sampai dua digit, di mana pesaing terdekat Madrid dan Barca adalah Atletico Madrid yang "cuma" punya sembilan gelar juara.

Fakta bahwa dari sepuluh musim terakhir La Liga Primera Spanyol, lima di antaranya selalu menghasilkan kombinasi Barca dan Madrid di posisi satu atau dua klasemen akhir, kian meneguhkan dominasi mereka. Dalam periode itu, Madrid dan Barca juga membagi rata perolehan gelar juara dengan masing-masing empat. Dua titel sisa sukses "dicuri" Valencia.

Menilik bahwa materi pemain dan kualitas tim Barca dan Madrid juga masih oke punya, kedua tim tersebut niscaya kembali bersaing ketat di pucuk klasemen dan salah satunya akan memiliki peluang besar untuk kembali jadi juara.

Satu kenyataan yang harus diwaspadai oleh Los Blancos dan Blaugrana adalah potensi kelelahan atau cedera dari para pemainnya, terutama dari penghuni timnas Spanyol pasca Piala Dunia 2010 --Barca memiliki delapan pemain dalam skuad yang menjadi juara itu, sementara Madrid memiliki lima pemain.

"Pertanyaannya adalah reaksi para pemain dari Piala Dunia. Mungkin saja salah satu dari mereka (Barca atau Madrid) akan memiliki masalah, cedera atau semacamnya, tapi kemudian yang untung adalah yang lainnya (Barca atau Madrid)," prediksi Pelatih Mallorca Michael Laudrup kepada Reuters.

Oleh sebab itu kendati Valencia sempat berhasil mencuri peluang di tengah-tengah dominasi Barca dan Madrid dengan meraih gelar musim 2001/02 dan 2003/04, mengulanginya takkan jadi pekerjaan mudah buat tim-tim yang berpotensi memberi ancaman macam macam Sevilla, Atletico Madrid, Villarreal dan Valencia sendiri.

"Jika Anda bertanya kepada mereka apa bidikannya musim ini, mereka semua akan bilang lolos ke Liga Champions. Takkan ada yang bilang mereka membidik gelar juara Liga (Spanyol). Melihat skuadnya saja terlihat betapa berbedanya Real dan Barca dengan klub-klub lain."

"Untuk sebuah tim lain menjadi juara di Spanyol artinya mereka sedang beruntung karena dua tim terbesarnya sedang menjalani tahun yang buruk," papar Laudrup.

Kompetisi La Liga Primera musim 2010/11 akan mulai bergulir pada 29 Agustus depan, dengan Barca dijamu Racing Santander yang musim lalu harus menghadapi ancaman degradasi, sedangkan Madrid bertamu ke markas Mallorca yang finis di posisi lima musim lalu.

Sebelumnya, Barca harus lebih dulu terlibat partai Supercopa de Espana kontra juara Copa del Rey 2009-10 Sevilla, dalam pertarungan dua leg. Yang pertama dijalani akhir pekan ini, Sabtu (14/8/2010) di Estadio Ramon Sanchez Pizjuan diikuti dengan leg kedua di Camp Nou, Sabtu (21/8/2010).

Hasil La Liga Primera Sepuluh Musim Terakhir:

2009/10 Barca-Madrid-Valencia-Sevilla
2008/09 Barca-Madrid-Sevilla-Atletico
2007/08 Madrid-Villarreal-Barca-Atletico
2006/07 Madrid-Barca-Sevilla-Valencia
2005/06 Barca-Madrid-Valencia-Osasuna
2004/05 Barca-Madrid-Villarreal-Betis
2003/04 Valencia-Barca-Depor-Madrid
2002/03 Madrid-Sociedad-Depor-Celta Vigo (Barca ada di posisi enam)
2001/02 Valencia-Depor-Madrid-Barca
2000/01 Madrid-Depor-Valencia-Barca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar