Selasa, 10 Agustus 2010

- Madrid Belanjakan Rp 11,769 T dalam 10 Tahun

Jakarta - Real Madrid tercatat dalam sejarah sebagai klub dengan belanja pemain terbesar. Dalam kurun 10 tahun terakhir, Los Merengues sudah membelanjakan satu miliar euro atau sekitar Rp 11,769 triliun (!)

Sepuluh tahun terakhir di mana Madrid sangat royal dalam membelanjakan uangnya dimulai saat Florentino Perez berkuasa di Santiago Bernabeu. Dia memang sempat hengkang di tahun 2006, namun saat kembali jadi presiden "Si Putih" tahun lalu kebijakan membelanjakan bintang besar dengan harga selangit kembali dilanjutkan.

Total uang yang sudah dibelanjakan Madrid dalam kurun 10 tahun tersebut adalah 1,022 miliar euro dengan 48 pemain didatangkan. Di antara banyak pemain tersebut, Cristiano Ronaldo (96 juta euro/Rp 1,129 T), Zinedine Zidane (72 juta euro/Rp 847,3 M) dan Kaka (64 juta euro/Rp 753,2 M) adalah pesepakbola dengan biaya transfer tertinggi.

Selama satu dekade tersebut, musim 2009/2010 menjadi rekor pengeluaran terbesar Los Merengues dengan jumlah pengeluaran untuk belanja pemain sebesar 254 juta euro (Rp 2,989 T) untuk memboyong Ronaldo, Kaka, Karim Benzema, Xabi Alonso dan beberapa nama lainnya.

Apa yang dialami Real Madrid jauh berbeda dengan seteru terbesarnya, Barcelona. Dalam kurun yang sama, di bawah pimpinan Joan Gaspart dan Joan Laporta, The Catalans "cuma" mengeluarkan 713 juta euro atau sekitar Rp 8,391 triliun.

Dibanding Madrid, Barcelona tak banyak mengeluarkan uang untuk belanja pemain lantaran banyak anggota skuadnya berasal dari La Masia, akademi sepakbola kepunyaan klub tersebut. Dari total 713 juta euro yang dibelanjakan Barca, sebanyak 250 juta euro di antaranya dikeluarkan dalam tiga musim terakhir.

Pembelian Zlatan Ibrahimovich, Samuel Eto'o dan David Villa menjadi sumber pengeluaran terbesar Barcelona dalam kurun tersebut.

Beberapa klub Eropa lain juga punya kebijakan yang mirip dengan Madrid dalam membelanjakan uangnya. Chelsea misalnya, dalam delapan tahun terakhir, Roman Abramovich sudah membelanjakan 650 juta euro (Rp 7,650 T).

Sementara Manchester City seakan tak mau ketinggalan. Dalam tiga musim terakhir, atau sejak masuknya Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan, The Citizens sudah membelanjakan 400 juta euro (Rp 4,707 T). Jika dihitung pengeluaran rata-rata pertahun, City bahkan mengalahkan jumlah belanja Madrid dengan jumlah pengeluaran mencapai 135 juta euro (bandingan dengan Madrid yang 100 juta euro/tahun).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar